-->
MGt6NGZ6MaVaMqZcMaV6Mat4N6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Film Pendek - Cinta Akhir Sekolah




“Film ini terinspirasi dari kegiatan murid-murid saya menjelang mengikuti Ujian Nasional,” kata Nana Sastrawan.
Itulah yang terjadi pada remaja di era sekarang, ketika mereka akan menghadapi ujian, mereka seolah tak memiliki tanggungjawab untuk mendapatkan nilai-nilai atau hasil yang lebih baik. Justru, mereka hanya memikirkan urusan yang diluar kegiatan sekolah, seperti bermain game, berpacaran dan saling curiga sesama teman. Padahal dalam diri mereka semua ada keinginan untuk lulus.
Film ini mengisahkan beberapa sketsa dari beberapa tokoh. Tentu saja, si penulis naskah, yakni Nana Sastrawan mengambil dari peristiwa nyata. Tokoh-tokohnya pun adalah tokoh yang nyata dengan cerita yang tidak dibuat-buat, semua nyata. Hanya bedanya, si tokoh itu harus bermain drama. Menampilkan kenyataan yang dialami bersama lawan mainnya dengan drama, film yang fiksi.
Terasa sulit dalam menimbulkan emosi yang sebenarnya meskipun mereka memendam rasa yang sama sesuai dengan fakta. Mereka terbawa emosi sendiri, sehingga untuk menampilkannya terasa kaku. Cikal dan Suci contohnya, yang memperebutnya laki-laki yang sama. Di dunia nyata, mereka memang terjadi sesuai dengan kisah di film ini. Namun, mereka harus berdamai dengan diri sendiri agar film ini berjalan dengan lancar. Berbeda dengan Renaldi dan Dinda, dalam dunia nyata mereka memang sepasang kekasih yang tengah kasmaran, lalu mereka harus putus. Itulah kenyataannya. Mereka juga harus menguasai diri, agar emosinya stabil.
Nana Sastrawan memang sengaja memilih mereka untuk membuat film ini seperti aslinya. Tentu saja, ada pesan-pesan moral yang diselipkan dalam film ini, khususnya untuk remaja, dan mungkin berguna bagi para pendidik agar memahami dunia remaja di sekolah. Hal-hal yang bersifat dengan karakter remaja ini terkadang terabaikan, sehingga perubahan sikap pada mereka mundur di saat perkembangan teknologi semakin menanjak. Selamat menonton. Klik di sini ya….


Share This Article :
Nana Sastrawan

Nana Sastrawan adalah nama pena dari Nana Supriyana, S.Pd tinggal di Tangerang, lahir 27 Juli di Kuningan, Jawa Barat. Menulis sejak sekolah menengah pertama, beberapa karyanya banyak dimuat di berbagai media, tulisan skenarionya telah dan sedang difilmkan. Ia senang bergerak dibidang pendidikan, sosial dan kebudayaan di Indonesia. Dia juga sering terlihat hadir di berbagai kegiatan komunitas seni dan sastra Internasional, kerap dijumpai juga tengah membaca puisi, pentas teater dan sebagai pembicara seminar. Laki-laki yang berprofesi sebagai pendidik di sekolah swasta ini pernah menjadi peserta MASTERA CERPEN (Majelis Sastra Asia Tenggara) dari Indonesia bersama para penulis dari Malaysia, Brunei, Singapura. Dia juga menerima penghargaan Acarya Sastra IV dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2015. Karya sastranya berupa buku kumpulan puisi adalah Tergantung Di Langit (2006), Nitisara (2008), Kitab Hujan (2010). Beberapa karya sastranya berupa puisi dan cerpen tergabung dalam Menggenggam Cahaya (2009), G 30 S (2009), Empat Amanat Hujan (2010), Penyair Tali Pancing (2010), Hampir Sebuah Metafora (2011), Kado Sang Terdakwa (2011), Gadis Dalam Cermin (2012), Rindu Ayah (2013), Rindu Ibu (2013). Dan beberapa novelnya adalah Anonymous (2012). Cinta Bukan Permainan (2013). Cinta itu Kamu (2013). Love on the Sky (2013). Kerajaan Hati (2014). Kekasih Impian (2014). Cinta di Usia Muda (2014). Kumpulan Cerpennya, ilusi-delusi (2014), Jari Manis dan Gaun Pengantin di Hari Minggu (2016), Chicken Noodle for Students (2017). Tahun 2017 dan 2018 tiga bukunya terpilih sebagai buku bacaan pendamping kurikulum di SD dan SMA/SMK dari kemendikbud yaitu berjudul, Telolet, Aku Ingin Sekolah dan Kids Zaman Now. Dia bisa di sapa di pos-el, nitisara_puisi@yahoo.com. Dan di akun medsos pribadinya dengan nama Nana Sastrawan. Atau di situs www.nanasastrawan.com. Karya lainnya seperti film-film pendek dapat ditonton di www.youtube.com.

5871077136017177893