-->
MGt6NGZ6MaVaMqZcMaV6Mat4N6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Belajar Bahasa Inggris dari Dasar


Nana Sastrawan
Mempelajari segala sesuatu tentunya harus dimulai dari dasar terlebih dahulu bukan? Termasuk ketika kita ingin mahir berbahasa Inggris. Sebagai pemula kita wajib mengetahui materi dasar bahasa inggris apa saja yang harus kita pelajari. Materi dasar ini akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan bahasa Inggris kita ke depannya. Bisa kebayang kan jika materi dasar saja tidak kita kuasai bagaimana bisa kita naik ke level berikutnya. Materi dasar ini merupakan pondasi awal yang wajib dibentuk dengan kuat ketika kamu memulai untuk belajar bahasa Inggris. Lalu, apa saja materi dasar dalam mempelajari bahasa Inggris?
Pertama, Vocabulary atau kosakata. Tentunya sangat penting untuk pengembangan kemampuan bahasa Inggris. Jika kamu tidak memiliki kosakata yang cukup bagaimana bisa kamu berbicara atau pun menulis dalam bahasa Inggris? Kosakata atau vocabulary yang harus kamu hafalkan dan pahami dimulai dari yang sangat sederhana terlebih dahulu. Mulai dari nomor, hari, bulan, kemudian berlanjut ke kegiatan sehari-hari. Selanjutnya kamu bisa melakukan hafalan vocabulary dengan menentukan suatu tema tertentu. Misalkan pada hari A vocabulary tentang kitchen. Kemudian hari selanjutnya beralih ke kosakata mengenai living room. Selanjutnya mengenai shopping dan seterusnya. Lakukan secara berkala dan mulailah dari menghafalkan dan memahami vocabulary yang ada di sekitarmu terlebih dahulu.
Kedua, Grammar. Di sini, jangan langsung membayangkan suatu materi yang rumit. Sebagai pemula, grammar sangat penting juga untuk kamu kuasai. Materi dasar grammar yang harus dan wajib kamu kuasai sebagai pemula adalah sebagai berikut.
Kata ganti (pronoun)
Pronoun atau kata ganti merupakan sebuah kata yang di gunakan untuk menggantikan kata benda (noun) baik berupa nama orang, hewan, benda, atau pun tempat. Contohnya adalah she, he untuk kata ganti yang menyatakan dia perempuan atau laki-laki. Kemudian it, that, this yang digunakan sebagai kata ganti hewan, benda dan juga tempat.
Kata bantu kerja (tobe)
Tobe adalah kata bantu kerja yang terdiri dari is, am, are yang masing-masingnya memiliki pasangan dengan suatu subjek yaitu I, you, we, they, she, he, it. Sebagai pemula yang pasti mencoba untuk merangkai kalimat kata bantu ini sangat penting untuk kamu pahami. Tobe untuk I adalah am, selanjutnya (you, we, they) menggunakan tobe are, dan (she, he, it) menggunakan tobe is.
Tenses
Beralih ke materi tenses, ada 16 tenses yang perlu kamu kuasai untuk bisa benar-benar mahir berbahasa Inggris. Tetapi sebagai pemula ada 3 tenses yang paling wajib kamu pahami dan kuasai yaitu:
Simple present tense
Kamu wajib memahami simple present tense karena merupakan bentuk bahasa Inggris paling dasar. Jika dijabarkan dalam rumus simple present tense memiliki bentuk seperti ini Subject + Verb1. Kalimat yang dihasilkan adalah kalimat yang paling sederhana tetapi sangat umum dan banyak sekali digunakan.
Present Continuous Tense
Fungsi dari Present Continuous Tense adalah membentuk kalimat bahasa Inggris yang menyatakan kejadian sedang berlangsung. Penjabaran dalam bentuk rumusnya adalah Subject + To be + Verb1-Ing. Menguasai Present Continuous akan sangat membantu dalam berlatih ketika melakukan percakapan sehari-hari.
Simple Past Tense
Memiliki fungsi untuk menyatakan kegiatan lampau atau telah berlangsung Simple Past Tense wajib juga untuk kamu kuasai. Bentuk dari Simple Past Tense ialah Subject + Verb 2.
Tentunya harus mengimbanginya dengan melakukan latihan. Untuk membiasakan diri dengan materi-materi tersebut kamu bisa melakukan latihan mulai dari mendengarkan (listening), kemudian menerjemahkan (translating), membaca (reading), dan juga berbicara (speaking). Nah, dalam latihannya bersama teman-teman di manapun, kita bisa menggunakan cara dengan bermain drama, atau membuat film. Karena dalam membuat film, kita akan mendengarkan lawan bicara, menerjemahkan naskah ke bahasa Inggris, menghafal naskah dan pasti akan berujung pada bercakap-cakap. Ini satu di antara contoh hasil dalam belajar bahasa Inggris dimulai dari yang dasar yang dikembangkan oleh Nana Sastrawan di sekolah. Klik di sini. Jangan lupa subscribes ya….


Share This Article :
Nana Sastrawan

Nana Sastrawan adalah nama pena dari Nana Supriyana, S.Pd tinggal di Tangerang, lahir 27 Juli di Kuningan, Jawa Barat. Menulis sejak sekolah menengah pertama, beberapa karyanya banyak dimuat di berbagai media, tulisan skenarionya telah dan sedang difilmkan. Ia senang bergerak dibidang pendidikan, sosial dan kebudayaan di Indonesia. Dia juga sering terlihat hadir di berbagai kegiatan komunitas seni dan sastra Internasional, kerap dijumpai juga tengah membaca puisi, pentas teater dan sebagai pembicara seminar. Laki-laki yang berprofesi sebagai pendidik di sekolah swasta ini pernah menjadi peserta MASTERA CERPEN (Majelis Sastra Asia Tenggara) dari Indonesia bersama para penulis dari Malaysia, Brunei, Singapura. Dia juga menerima penghargaan Acarya Sastra IV dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2015. Karya sastranya berupa buku kumpulan puisi adalah Tergantung Di Langit (2006), Nitisara (2008), Kitab Hujan (2010). Beberapa karya sastranya berupa puisi dan cerpen tergabung dalam Menggenggam Cahaya (2009), G 30 S (2009), Empat Amanat Hujan (2010), Penyair Tali Pancing (2010), Hampir Sebuah Metafora (2011), Kado Sang Terdakwa (2011), Gadis Dalam Cermin (2012), Rindu Ayah (2013), Rindu Ibu (2013). Dan beberapa novelnya adalah Anonymous (2012). Cinta Bukan Permainan (2013). Cinta itu Kamu (2013). Love on the Sky (2013). Kerajaan Hati (2014). Kekasih Impian (2014). Cinta di Usia Muda (2014). Kumpulan Cerpennya, ilusi-delusi (2014), Jari Manis dan Gaun Pengantin di Hari Minggu (2016), Chicken Noodle for Students (2017). Tahun 2017 dan 2018 tiga bukunya terpilih sebagai buku bacaan pendamping kurikulum di SD dan SMA/SMK dari kemendikbud yaitu berjudul, Telolet, Aku Ingin Sekolah dan Kids Zaman Now. Dia bisa di sapa di pos-el, nitisara_puisi@yahoo.com. Dan di akun medsos pribadinya dengan nama Nana Sastrawan. Atau di situs www.nanasastrawan.com. Karya lainnya seperti film-film pendek dapat ditonton di www.youtube.com.

5871077136017177893